Powered By Blogger

Minggu, 25 September 2011

manajemen proyek dan resiko


Management Proyek dan Resiko
Manajemen proyek dan resiko merupakan Suatu kegiatan untuk melakukan serangkaian aktivitas yang melibatkan potensi sumber daya dalam batasan waktu dan tempat alat dan biaya agar tercapai sasaran yang optimal.

Pengertian proyek merupakan suatu kegiatan pekerjaan yang berdasarkan permintaan dari seorang pemilik pekerjaan yang ingin mencapai suatu tujuan yang ingin dia tuju dan dikerjakan oleh pelaksana pekerjaan sesuai dengan keinginan dari pemilik proyek dan spesifikasi yang ada. Dan dilaksanakan sesuai waktu dan biaya yang telah dipersetujui..
Manajemen Resiko adalah suatu kegiatan mengidentifikasi, menganalisa, merespon kemungkinan resiko yang akan terjadi selama proses proyek yang berlangsung. Seperti SDM, waktu, tempat, alat, biaya dll.
Dibawah ini contoh resiko yang ada dalam proyek..
1. SDM : SDM yang tidak bekualitas, situasi tim,
kekosongan pekerjaan.
2. Waktu : mendefinisikan durasi/lama waktu dari setiap pekerjaan, pengembangkan suatu skedul serta merencanakan kontrol atas skedul tersebut.
3. Tempat : Penentuan tempat yang kurang strategis, mengakibatkan kurang dalam penghasilan yang dituju.
4. Alat : Peminjaman alat yang sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan dan perwatan alat tersebut.
5. Biaya : mengestimasikan harga dan sumber daya, mendefinisikan budget, serta mengontrol keuangan